Populer

Program Unggulan NICE Untuk Indonesia Menuju Bangsa Lebih Baik

Gambar
  Terdapat sejumlah program unggulan NICE buat menuju Indonesia yang lebih baik. Seperti yang sudah diketahui, memberdayakan masyarakat memang menjadi salah satu hal cukup penting. Pasalnya dengan masyarakat berkualitas akan membantu Indonesia agar bisa lebih maju dengan mudah. Inilah mengapa hadirnya SDM memiliki peran utama. Adapun untuk memberdayakan masyarakat tersebut dapat dilakukan melalui pengembangan kapasitas di berbagai sector agar bisa menjadi Indonesia lebih bagus dan maju. Adapun beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menjadikan SDM lebih baik adalah melalui program NICE website niceindonesia.id . Program Unggulan dari NICE NICE sendiri merupakan salah satu lembaga dimana akan membantu memperkuat masyarakat maupun organisasi melalui pengembangan kapasitas didalam pengelolaan dana, menciptakan program yang mampu memberikan dampak kuat hingga layanan-layanan pengembangan manusia demi mewujudkan Indonesia lebih maju. Disamping itu, NICE juga mempunyai sejumlah misi

Tips Memotong Karkas Ayam 12 Bagian



Pemotongan karkas ayam memiliki kaidah tersendiri berdasarkan ilmu ketrampilan memasak atau tata boga. Salah satu jenis potongan karkas ayam yang cukup sering dilakukan untuk memperoleh potongan berukuran kecil adalah potongan karkas 12 bagian.

Memotong Karkas Ayam Menjadi 12 Bagian

Mempelajari cara memotong karkas ayam menjadi hal cukup penting bagi siapapun yang berniat belajar cara mengolah daging ayam menjadi berbagai jenis masakan. Salah satu jenis potongan karkas ayam yang dapat dilakukan adalah memotongnya menjadi 12 bagian. Potongan 12 bagian akan menghasilkan potongan daging ayam dengan ukuran cukup kecil yang cocok digunakan untuk jenis masakan tertentu.

Baca juga : Pentingnya Mengetahui Pengertian Karkas Ayam dan Cara Menanganinya

Potongan karkas ayam yang baik dapat diperoleh dengan melakukan teknik potongan yang benar dan juga dukungan peralatan yang tepat. Beberapa alat berikut ini menjadi kebutuhan untuk proses memotong karkas ayam.

1. Pisau potong daging berukuran sedang
2.  Alas potong atau telenan
3.  Asahan pisau

Berikut ini panduan mengenai langkah - langkah yang dapat dilakukan untuk menghasilkan potongan karkas ayam 12 bagian sesuai kaidah ilmu tata boga.

1. Siapkan karkas ayam yang akan dipotong di atas alas telenan dan siapkan pisau potong yang telah ditajamkan.
2.  Letakkan ayam dalam posisi telentang di atas telenan.
3.  Potong dua bagian paha bawah ayam dan sisihkan.
4.  Pisahkan bagian dada bawah dan punggung.
5.  Potong bagian punggung menjadi 3 bagian berupa sisi kanan, kiri dan tulang punggung.
6.   Kemudian ambil bagian dada dan potong kedua sayap; kemudian sisihkan.
7.   Buat garis potongan pada bagian dada ayam menjadi 3 bagian berupa sisi kanan, kiri dan tulang lunas.
8.   Kemudian potong bagian tulang belakang di bagian punggung atas serta pangkal leher; sisihkan.
9.   Potong bagian dada ayam menurut garis potongan yang telah dibuat dan sisihkan tulang lunasnya.
10.  Ambil bagian dada kanan dan kiri; kemudian potong masing – masing sisi dada menjadi 3 bagian berupa pangkal sayap, bagian tengah dada dan bagian bawah dada.

Potongan karkas ayam 12 bagian ini sebenarnya menghasilkan 15 potongan; namun 3 di antaranya merupakan potongan minim daging. Ketiga potongan tersebut berupa 1 potongan tulang belakang / punggung bagian belakang atau sisi ekor, 1 potongan tulang belakang sisi depan dan pangkal leher serta 1 bagian tulang lunas dada.

Jenis Masakan Yang Cocok Untuk Potongan Karkas Ayam 12 Bagian

Potongkan karkas ayam menjadi 12 bagian ini cocok digunakan untuk masakan yang membutuhkan daging ayam dengan potongan kecil sebagai salah satu bahannya. Potongan daging ayam berukuran kecil terbilang cukup fleksibel untuk dimasak; baik dimasak sebagian ataupun digunakan keseluruhan untuk satu resep masakan. Ada cukup banyak resep masakan yang dapat dipilihn untuk mengolah 12 potong daging karkas ayam ditambah 3 bagian tulang yang dihasilkan.

Salah satu resep masakan yang dapat dipilih untuk mengolah seluruh 12 bagian potongan karkas ayam adalah ayam goreng ataupun ayam bakar. Semua bagian dari 12 potongan yang dihasilkan dapat dibumbui dan kemudian diolah menjadi ayam goreng ataupun dibakar menjadi ayam bakar. Potongan yang cukup kecil memungkinkan satu bagian potongan dijadikan lauk untuk 1 porsi nasi.

Baca juga : Mengenal Standarisasi Karkas Ayam Pedaging

Resep lain yang dapat digunakan untuk mengolah karkas ayam yang telah dipotong menjadi 12 bagian adalah sup ayam. Potongan 12 bagian karkas ayam berukuran cukup kecil untuk diolah menjadi sup ayam dengan 3 bagian potongan tulang disertakan dalam resep. Pilihan resep ini dapat menjadi pilihan untuk mengolah seluruh bagian karkas ayam yang telah dipotong menjadi 12 bagian.

Komentar