Populer

Program Unggulan NICE Untuk Indonesia Menuju Bangsa Lebih Baik

Gambar
  Terdapat sejumlah program unggulan NICE buat menuju Indonesia yang lebih baik. Seperti yang sudah diketahui, memberdayakan masyarakat memang menjadi salah satu hal cukup penting. Pasalnya dengan masyarakat berkualitas akan membantu Indonesia agar bisa lebih maju dengan mudah. Inilah mengapa hadirnya SDM memiliki peran utama. Adapun untuk memberdayakan masyarakat tersebut dapat dilakukan melalui pengembangan kapasitas di berbagai sector agar bisa menjadi Indonesia lebih bagus dan maju. Adapun beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menjadikan SDM lebih baik adalah melalui program NICE website niceindonesia.id . Program Unggulan dari NICE NICE sendiri merupakan salah satu lembaga dimana akan membantu memperkuat masyarakat maupun organisasi melalui pengembangan kapasitas didalam pengelolaan dana, menciptakan program yang mampu memberikan dampak kuat hingga layanan-layanan pengembangan manusia demi mewujudkan Indonesia lebih maju. Disamping itu, NICE juga mempunyai sejumlah misi

Pemeritah Fasilitasi Ukm Ekspor Untuk Dapat Menembus Pasar Dunia Dengan Mudah




Saat ini para pelaku usaha kecil dan menengah di Indonesia harus cermat dalam melihat peluang untuk melakukan ekspor ke luar negeri. Saat ini kementrian perdagangan telah merilis beberapa produk UKM Indonesia yang masih dicari karena permintaan produk yang cukup banyak.

Salah satu produk UKM ekspor yang sangat diminati pasar luar negeri adalah produk-produk kerajinan tangan. Permintaan produk kerajinan ini sangat bagus dan memiliki pasar tersendiri di Eropa dan Amerika. Walau begitu peluang ukm ekspor indonesia untuk barang non kerajinan juga masih sangatlah tinggi.

UKM Ekspor Difasilitasi Pemerintah

Melihat peluang yang sangat besar di pasar luar negeri, pemerintah saat ini telah ikut aktif dalam memfasilitasi berbagai UKM untuk melakukan ekspor produk-produk yang mereka hasilkan.

Menurut Haris Munandar Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Industri, Kemenperin dan juga Kemendag terus menggodok paket untuk Kemudahan Impor Tujuan Ekspor ( KITE ). Selain itu pemerintah juga telah menyiapkan Pusat Logistik Berikat untuk menyokong kebutuhan bahan baku produksi para pelaku UKM. Sehingga dengan begitu UKM yang selama ini kesulitan memperoleh bahan baku dapat membelinya secara ritel, sehingga tidak perlu melakukan impor lagi.

LPEI Lembaga Pembiayaan Khusus Ekspor

Selain membuat paket Kemudahan Impor Tujuan Ekspor dan juga Pusat Logistik Berikat, pemerintah juga telah menyiapkan LPEI sebuah lembaga pembiayaan khusus ekspor Indonesia. Dengan begitu para pelaku UKM akan mendapatkan kemudahan pembiayaan melalui lembaga ini.

Cara Mudah Melakukan Ekspor UKM

Untuk melakukan ekspor sebetulnya sangatlah mudah. Hal yang harus dilakukan pertama adalah memastikan bahwa barang yang akan diekspor bukanlah barang yang terlarang. Selain itu juga harus memenuhi berbagai persyaratan yang sesuai dengan undang-undang dan peraturan yang berlaku.Untuk memastikan bahwa barang tersebut memenuhi syarat, anda dapat melihatnya di www.indonesiaeximbank.go.id.

Hal selanjutnya adalah barang yang akan diekspor sudah ada pembelinya, lalu lakukan pemberitahuan kepabeanan kepada Bea Cukai dengan menggunakan pemberitahuan ekspor barang. Setelah disetujui oleh Bea Cukai, selanjutnya akan terbit Nota Persetujuan Eksor dan kemudian barang pun siap untuk dikirim. 


Komentar