Populer

Program Unggulan NICE Untuk Indonesia Menuju Bangsa Lebih Baik

Gambar
  Terdapat sejumlah program unggulan NICE buat menuju Indonesia yang lebih baik. Seperti yang sudah diketahui, memberdayakan masyarakat memang menjadi salah satu hal cukup penting. Pasalnya dengan masyarakat berkualitas akan membantu Indonesia agar bisa lebih maju dengan mudah. Inilah mengapa hadirnya SDM memiliki peran utama. Adapun untuk memberdayakan masyarakat tersebut dapat dilakukan melalui pengembangan kapasitas di berbagai sector agar bisa menjadi Indonesia lebih bagus dan maju. Adapun beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menjadikan SDM lebih baik adalah melalui program NICE website niceindonesia.id . Program Unggulan dari NICE NICE sendiri merupakan salah satu lembaga dimana akan membantu memperkuat masyarakat maupun organisasi melalui pengembangan kapasitas didalam pengelolaan dana, menciptakan program yang mampu memberikan dampak kuat hingga layanan-layanan pengembangan manusia demi mewujudkan Indonesia lebih maju. Disamping itu, NICE juga mempunyai sejumlah misi

Sejarah Munculnya Website Pertama Kali Di Dunia

Deep Web


Website adalah sebuah halaman informasi yang dapat diakses dari browser memalui jaringan internet. Kita berfikir bagaimana website tersebut bisa kita akses dari komputer atau smartphone? Anda tau peladen? istilah orang jaman dahulu yaitu server. Server ini seperti halnya komputer yang memiliki CPU didalam terdapat komponen-komponen seperti RAM, Hard Disk, Prosesor dan lain-lain. Komputer tersebut terisi data-data (sistem komputer) lalu terhubung ke jaringan internet (LAN). Data-data tersebut berisi sebuah website yang anda akses saat ini melalui internet.  Jika jaringan internet terputus atau server sedang rusak maka website tidak dapat di akses oleh kita atau sebaliknya. Alamat website yang kita akses dinamakan dengan URL (Unifrom Resource Locator) dan semua situs di internet disebut dengan (www) world wide web.

Tidak semua website/blog/situs dapat kita akses secara bebas karena ada beberapa memberi syarat untuk dapat di akses seperti harus mendaftar jadi anggota atau membayar sebagai donasi dan tujuan untuk komersial. Karena alasan keamanan dan privasi hanya orang-orang tertentu dapat mengakses website tersebut dan itu kebanyakan di area deep web.

SEJARAH WEBSITE


Awal mulanya website terbentuk dibuat oleh team peneliti (CERN) salah satu orang yang terkenal adalah Sir Timothy John "Tim" Berners-Lee. Pada tahun 1991 website pertama kalinya terhubung dengan jaringan internet yang dimaksud dari team peneliti untuk saling bertukar dan memperbarui informasi (masih privasi hanya dapat diakses orang tertentu). (www) diluncurkan secara public dan gratis diakses pada tanggal 30 april 1993 oleh team peneliti CERN. Sejarah website menjadi tombak era digital internet saat ini dimulai.

Situs web memiliki sebuah halaman yang berisi konten pembahasan khusus atau kepentingan tertentu dari hasil karya dari individu / perorangan atau bisa jadi perusahaan. Perbedaan yang mencolok dalam website terdapat pada konten relevan yang biasanya saling terhubung dengan website yang lain dalam satu konten dalam hal bisnis dan informasi saja. Server website tersebut terdapat software atau perngkat lunak yang mengatur didalamnya agar dapat membaca layanan protokol http or https. Saat kita mengakses website maka protokol ini akan mengubah data di jalur internet dan menampilkan halaman website di layar anda.

Apa itu Domain (nama website akses)?

Anda tak asing dengan istilah domain adalah sebuah nama sebuah website (www.domain.com). Dalam hal umum sebuah situs memiliki nama akses angka contoh 216.58.193.100 jika anda mengetikan angka tersebua di browser maka akan muncul halaman google pencarian. Anda bisa melihat website lain dia memiliki ip address berapa disini. Itu cukup menarik bukan, Jika diterapkan nama domain dengan penomeran angka akan menyulitkan orang untuk menghafal maka internet membuat sistem nama domain dengan huruf agar mudah dihafal atau dibaca.

Ekstensi domain

Apa anda menyadari jika nama domain memiliki ekstensi seperi (.com, .net, .co.id, .me, .org dan sebagainya). Dahulu ekstensi domain hanya terdapat beberapa saja karena perkembangan digital saat ini hampir banyak ekstensi domain. Tapi paling banyak digunakan adalah .com karena paling lama dan banyak orang gampang menghafal ekstensi .com. Dan ada beberapa ekstensi bisa kita gunakan karena alasan untuk lembaga tertentu seperti edu, gov, ac.id dan lain-lain.

Subdomain 

Hampir mirip dengan domain hanya saja ini dibagi menjadi bagian-bagian tertentu. Anda bisa membayangkan sebuah pintu pada rumah pasti terdapat pintu utama kemudian masuk akan menemui pintu kamar mandi, pintu kamar tidur, pintu dapur, dan lainnya. www.blogger.com adalah domain utamanya dan blogspot.com adalah subdomainnya.

Jenis-jenis Domain

Sebelum anda ingi lebih jauh mengetahui perbedaan domain dengan tujuan masing-masing harus mengetahui dalam memilih domain karena beberapa domain harus memiliki izin khusus karena ada pertanggung jawaban jika memakainya. Sebaiknya untuk memilih domain itu harus sesuai dengan isi konten yang digunakan untuk memberikan informasi ke public. Berikut ini jenis-jenis domain :

Top Level Domain

Top Level Domain Name adalah deretan kata dibelakang nama domain seperti .com (dotcommercial), .net (dotnetwork), .org (dotorganization), .edu (doteducation), .gov (dotgoverment), dan .mil (dotmilitary).

Ada dua macam Top Level Domain, yaitu Global Top Level Domain (gTLD) dan Country Code Top Level Domain (ccTLD). gTLD adalah seperti yang diungkapkan diatas dan ccTLD adalah TLD yang diperuntukkan untuk masing-masing negara, seperti Indonesia dengan kode ID (co.id, net.id, or.id) atau Singapura dengan kode SG (com.sg, net.sg, dsb).

GTLD (Generic Top Level Domain)

Domain jenis ini adalah sebenarnya milik Amerika, namun karena domain-domain GTLD sering digunakan sehingga terlihat seperti domain standar untuk alamat Internet.
Contoh GTLD:
  • .com: digunakan untuk kepentingan komersial atau perusahaan.
  • .net: digunakan untuk kepentingan network infrastruktur.
  • .org: digunakan untuk kepentingan organisasi.
  • .info: digunakan untuk kepentingan informasional situs web.
  • .name: digunakan untuk kepentingan keluarga atau perorangan.
  • .edu: digunakan untuk kepentingan pendidikan (terbatas hanya untuk pendidikan).
  • .mil: digunakan untuk kepentingan militer (terbatas hanya untuk militer).
  • .biz: digunakan untuk kepentingan bisnis.
  • .tv: digunakan untuk entertainment seperti televisi, radio, majalah, dan lain-lain.
  • .travel:digunakan untuk kepentingan bisnis pariwisata.

ccTLD’s (Country Coded Top Level Domains)

Domain yang disediakan untuk masing-masing negara seperti:
  • Korea menggunakan: .kr
  • Indonesia menggunakan: .id
  • Singapura menggunakan: .sg
  • Malaysia menggunakan: .my
  • China menggunakan: .cn
Untuk Indonesia terbagi menjadi beberapa sub domain seperti:
  • .or.id: digunakan untuk organisasi.
  • .co.id: digunakan untuk komersial.
  • .go.id: digunakan untuk pemerintahan (khusus pemerintahan dan harus ada izin dari pemerintah bersangkutan).
  • .ac.id: digunakan untuk pendidikan seperti universitas.
  • .sch.id: digunakan untuk sekolah dasar.
  • .net.id: digunakan untuk Internet provider.
  • .web.id: digunakan untuk umum.

cPanel

  • Mengelola surat-e
  • Mengunggah situs web
  • Membuat dan mengunggah basis data
  • Melihat statistik situs web

Penjelajah web

Browser yang tidak asing ditelinga anda merupakan alat penjelajah web yang difungsikan sebagai penukar informasi di internet. Konten yang dimunculkan pada browser seperti halaman website, gambar, video atau konten model lain nya.  Sistem penjelajah browser yang paling terkenal saaat ini adalah Google Chrome, Firefox, Internet Explorer, Opera, dan Safari.

Baca juga : Digital Agency

Sampai saat ini internet menjadi salah satu makanan pokok para penggunanya, hampir setiap saat internet terakses oleh manusia karena cepat bertukarnya informasi. Maka kamu harus tau sejarah website pertama kali sampai kita bisa gunakan dan akses sepertis saat ini. Dan gunakan dengan hal yang baik untuk sarana tukar informasi karena bisa saja hal negatif pun bisa menjadi bagian internet.

Komentar